Metode terapi 12 langkah adalah “metode” atau teknik yang terdiri dari langkah-langkah tertentu yang apabila diselami dan diterapkan dalam kehidupan nyata akan dapat membantu seorang pecandu untuk bertahan bersih dari perilaku kecanduannya.

Dua belas langkah bukanlah sebuah metodologi atau teknologi rehabilitasi Narkoba seperti Therapeutic Community atau Hospital-based program, tetapi panduan cara hidup yang diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai perubahan perilaku dan perbaikan kondisi spiritual seorang pecandu, agar tidak kembali ke perilaku kecanduan.

Dua belas langkah telah mendapatkan berbagai nama atau label dalam usaha merumuskannya, mulai dari “falsafah pemulihan”, “konsep pemulihan”, “cara hidup untuk bersih dari Narkoba”, atau “metodologi pemulihan”. Dan karena bentuk aplikasinya yang cukup unik yaitu berbentuk komunitas bantu-diri (self-help) yang terdiri seluruhnya dari mereka yang memiliki masalah dengan perilaku kecanduan, dimana komunitas ini bergerak dalam tubuh masyarakat dan tidak berafiliasi dengan organisasi lain ataupun pemerintah, lumrah jika pandangan umum sering keliru dalam mendifinisikan 12 langkah.

Program 12 langkah adalah program untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sepanjang hidup si pecandu, bukan program di dalam pusat rehabilitasi atau institusi lain.

Sumber : Buku Terapi Rehabiltasi Komprehensif Bagi Pecandu Narkoba Dilihat Dari Sisi Psikososial (Diterbitkan oleh : Pusat Terapi dan Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia, 2008)