CONTACT CENTER BNN  .    callcenter@bnn.go.id  .    184  .  SMS/Whatsapp   081-221-675-675  .  BBM   2BF297D7

Artikel

Time Line @INFO BNN

BNN Kabupaten Badung Gelar Pementasan Pagelaran Seni Budaya P4GN bagi Masyarakat

Mari berbagi :    

Badung, Bali – berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba di masyarakat. Berbagai metode telah dilakukan dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba seperti penyuluhan, dialog interaktif, FGD, penyebaran leaflet, hingga pemasangan iklan di berbagai media elektronik pun tidak luput dilakukan oleh BNN. Kali ini, BNN Kabupaten Badung mengemas penyampaian informasi P4GN melalui media tradisonal dengan mengadakan pementasan seni budaya di lingkungan masyarakat. Rabu (17/06), BNN Kabupaten Badung mengadakan pegelaran seni wayang Cenk Blonk di Lapangan Purna krida Kerobokan Badung, Bali. Pagelaran Seni Budaya tersebut sudah rutin diadakan sebagai upaya Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) oleh BNN Kabupaten Badung sejak tahun 2012.

Lebih dari 600 warga masyarakat hadir dalam pagelaran wayang Cenk Blonk tersebut. Bahkan tidak sedikit orangtua yang mengajak anak-anaknya untuk menyaksikannya mengingat saat ini merupakan hari libur kenaikan kelas bagi siswa-siswi sekolah. Tari Sekar Jepun yang dibawakan oleh siswa-siswi SMA N 1 Kuta Utara menjadi tari penyambutan di awal acara. Pementasan seni budaya ini merupakan warna baru yang dikemas sedemikian mungkin untuk mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba. Selain itu, bentuk penyampaian pesan tentang Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) ini dianggap lebih kreatif, persuasif dan menarik bagi masyarakat, sehingga warga dapat mengikuti kegiatan hingga akhir acara.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Bali Kombes Pol Drs. I Putu Gede Suastawa, SH, dalam sambutannya mengajak para warga turut berpartisipasi dalam upaya P4GN dengan  melaporkan adanya penyalah guna narkoba di lingkungannya ke IPWL atau ke BNNP dan BNNK. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa penyalah guna narkoba adalah korban, sehigga perlu untuk disembuhkan dengan cara direhabiltasi.

sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Badung Ni Made asmiriwati,SH.,MH menyampaikan laporan hasil kegiatan BNN Kabupaten Badung dalam upaya P4GN beliau menyampaikan bahwa narkoba saat ini sudah menjadi permasalahan yang serius, sehingga setiap lapisan masyarakat wajib memerangi penyalahgunaan narkoba, termasuk juga warga masyarakat. “melalui inovasi-inovasi dalam upaya P4GN, pengetahuan tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba harus dimiliki, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi " ujarnya.

Sebelum acara puncak, terdapat testimonial yang disampaikan oleh mantan penyalah guna narkoba yang dilanjutkan dengan tanya jawab dari para warga. Dalam testimoninya, mantan penyalahguna narkoba menceritakan kehidupannya selama mengunakan narkoba yang membuat warga yang hadir tampak terdiam mendengarnya. Beberapa warga mendapat kesempatan bertanya langsung mantan penyalah guna.

Pemberian penghargaan juga diberikan kepada LSM yang telah membantu dalam mensukseskan program P4GN. Penghargaan diberikan dalam bentuk sertifikat kepada Yayasan Dua Hati Bali, Yayasan Gerasa, Yayasan Kasih Kita Bali dan

Di puncak acara, wayang Cenk Blonk menjadi suguhan yang ditunggu-tunggu oleh warga masyarakat yang telah hadir sejak pukul 19.00 WITA. Dalang mengemas informasi P4GN ke dalam cerita wayang Cenk Blonk dengan menarik. Antusiasme terlihat ketika warga menyaksikan pagelaran seni budaya hingga akhir acara, bahkan warga dari kelurahan lain turut hadir dalam kegiatan tersebut

Sementara itu, ketua panitia penyelenggara I Ketut Kamandita,S.Pt mengungkapkan bahwa pesan tentang Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang telah dikemas dalam bentuk kegiatan pentas seni ini dapat diingat, dilakukan, dan disampaikan kepada teman, keluarga dan juga lingkungan sekitarnya. Acara tersebut juga dihadiri dari perwakilan instansi terkait, seperti perwakilan SKPD di Kabupaten Badung, perwakilan dari Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Badung Pejabat di lingkungan BNNP Bali, BNNK Gianyar, BNN Denpasar, Muspika Kuta Utara, Lurah dan perbekel di Kecamatan Kuta Utara Pendesa adat ( Humas BNNK Badung ).


  Ikuti Kami di Sosial Media

Kami berupaya untuk membuka kanal Sosial Media sebanyak mungkin agar selalu terhubung dengan Anda.

  Kontak Kami
  Alamat

Jl. MT. Haryono No. 11
Cawang, Jakarta Timur

Phone : (021) - 80871566 / 80871567
Mail : callcenter@bnn.go.id