KONTAK CENTER BNN  .    callcenter@bnn.go.id  .    184  .  SMS/Whatsapp   081-221-675-675  .  BBM   2BF297D7

Artikel

Time Line @INFO BNN

PEMBANGUNAN VIDEO CONFERENCE DENGAN SISTEM KOLABORASI DALAM RANGKA MENDUKUNG PELAKSANAAN P4GN DI BNN

Mari berbagi :    

Oleh Brigjen Pol. Drs. Faisal Abdul Naser, M.H.

Kapuslitdatin BNN

 

Di awal pemerintahannya, Presiden Joko Widodo menyatakan kepada seluruh bangsa Indonesia, bahwa Indonesia berada dalam situasi darurat Narkoba. Karena penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika merupakan kejahatan luar biasa (extraordinary crime) yang mengancam dunia dan dapat digunakan sebagai salah satu senjata dalam proxy war untuk melumpuhkan kekuatan bangsa.

Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dengan menggunakan media online (internet) saat ini juga terus meningkat, baik dari segi nilai transaksinya maupun jenis narkotika yang dijualnya. Produksi Narkotika di tingkat global juga terus meningkat dan bervariatif dengan munculnya berbagai zat psikoaktif baru atau New Psycoactive Substances yang jumlah sudah mencapai 800 zat dan seluruhnya terjangkau oleh aturan hukum yang berlaku di setiap negara, sedangkan ditingkat Nasional telah mencapai 60 zat, yang baru masuk aturan hukum yaitu Peraturan Kementerian Kesehatan RI sebanyak 43 jenis dan 17 zat belum ada aturan hukumnya.

Dengan kondisi tersebut di atas, maka tantangan kedepan yang semakin berat dan kompleks yang dihadapi BNN tersebut, perlu adanya upaya lebih komprehensif dengan melibatkan seluruh Instansi Pemerintah,  dunia usaha,  dan masyarakat melalui strategi demand reduction, yaitu dengan tindakan preventif guna memberikan kekebalan kepada masyarakat agar mereka imun terhadap penyalahgunaan narkotika, dan strategi supply reduction, melalui  penegakan hukum yang tegas dan terukur agar sindikat narkotika jera.

Oleh karena itu, upaya-upaya yang dilakukan BNN agar lebih efektif dan efisien perlu didukung teknologi yang canggih dan mumpuni. Salah satu upaya yang harus dilakukan melalui teknologi tersebut adalah pembangunan video conference dengan sistem kolaborasi. Dengan adanya video conference dengan sistem kolaborasi, tersebut BNN dapat memfasilitasi rapat-rapat virtual antara Kepala BNN dengan satuan dibawahnya maupun dengan unit bergerak dilapangan.

BNN juga akan memiliki fasilitas Call Center yang terintegasi dengan sistem kolaborasi untuk membantu masyarakat apabila ada pengaduan, masyarakat dapat menghubungi Call Center BNN sesuai dengan domisili/pengaduan dari masyarakat itu sendiri dan juga membantu/mempermudah petugas atau pihak BNN Pusat ataupun daerah untuk mengetahui lokasi-lokasi penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba yang kurang dari pantauan dari BNN atas bantuan dari Masyarakat.

Video Conference dengan Sistem Kolaborasi ini dapat membantu efisiensi waktu dan anggaran dalam proses pengambilan keputusan strategis dan taktis guna mendukung proses Komando, Kendali, Koordinasi, Komunikasi dan Informasi dalam satu kegiatan operasi, pelayanan dan pengamanan untuk melakukan pencegahan peredaran narkoba yang semakin luas dikalangan masyarakat.

Dengan Sistem Kolaborasi ini dapat mendukung Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), dimana dengan adanya laporan/pengaduan dari masyarakat dimanapun yang langsung ditindaklanjuti oleh petugas lapangan BNN untuk melakukan Pencegahan yang telah diinformasikan oleh pihak Call Center pusat ke Petugas lapangan sesuai daerah laporan masyarakat melalui aplikasi yang sudah pasang pada setiap petugas lapangan, mampu mempermudah petugas lapangan untuk langsung ke lokasi.

Untuk saat ini rapat-rapat di lingkungan BNN dilakukan melalui pertemuan secara fisik, yang meliputi kegiatan Komando, Kendali, Koordinasi, Komunikasi dan Informasi dalam suatu kegiatan operasi, pelayanan dan pengamanan. Dengan melalui Video Conference, setiap ada meeting besar ataupun ada informasi-informasi dari Pimpinan BNN Pusat ke BNNP dapat langsung diterima. Tanpa memakan waktu, sehingga dapat dikerjakan langsung sesuai perintah yang diberikan.

 

Efektivitas Video Conference dengan Sistem Kolaborasi

Efektivitas video conference dengan sistem kolaborasi dalam rangka mendukung pelaksanaan P4GN adalah sebagai berikut :

1.             Memberikan komunikasi realtime yang tidak memakan waktu dan tempat serta koordinasi BNN dengan BNNP dapat dilakukan secara langsung dalam menangani P4GN.

2.             Dapat melakukan meeting antar BNN dan 34 BNNP sekaligus.

3.             Dapat melakukan meeting dengan video conference dan komunikasi dengan agen di lapangan yang menggunakan perangkat mobile yang sudah diinstall aplikasi.

4.             Dapat membagikan dokumen presentasi ketika meeting.

5.             Laporan masyarakat terkait adanya peredaran gelap narkoba bisa ditampung dan di proses langsung ke agen lapangan untuk pencegahan narkoba.

6.             Sistem memiliki knowledge management dalam penanganan P4GN.

7.             Semua terintegrasi menjadi satu.

8.             Dapat menerima panggilan dari PSTN dari luar dan dapat diteruskan ke perangkat mobile jika nomor yang ditujukan tidak ada yang mengangkat.

9.             Memiliki kemampuan recording terhadap meeting yang terjadi. Untuk mencegah agar tidak adanya informasi dari masyarakat yang terlewatkan.

Tahapan-tahapan Kerja

1.        Sistem Pengontrol Kolaborasi.

a.             Perangkat yang dipergunakan untuk menjadi pengontrol Utama Sistem Kolaborasi.

b.             Sistem yang digunakan untuk scheduler dan monitoring system kolaborasi.

c.              Memiliki sistem recording.

2.        Perangkat Kolaborasi.

a.             Perangkat Voice Kolaborasi Perangkat Voice kolaborasi (perangkat berbasis internet protocol) di meja staff. Dengan kemampuan terhubung ke sistem kolaborasi dan joint voice kolaborasi.

b.             Kolaborasi suara dan video (desktop voice dan video) merupakan perangkat kolaborasi yang dilengkapi dengan HD video, dengan layar display dengan kemampuan fitur kolaborasi. Peruntukannya untuk level eksekutif, manager dan staff.

c.              Perangkat kolaborasi desktop dengan kemampuan all-in-one HD video and voice, dengan fitur komunikasi kolaborasi yang menggabungkan fungsi kolaborasi yang menggunakan koneksi internet, video kolaborasi, layar komputer dengan ukuran display 23”. Diperuntukkan dipasang di meja pimpinan.

d.             Perangkat kolaborasi untuk ruang rapat dengan kemampuan pertemuan yang melibatkan seluruh team baik BNP maupun yang ada di lapangan. Perangkat video kolaborasi ini merupakan solusi all-in-one untuk ukuran room medium sampai yang besar, dengan menggunakan dua layar. Mengubah ruang pertemuan internal menjadi dapat menghubungkan seluruh team dari seluruh lokasi di meeting local.

e.             Perangkat Kolaborasi yang disediakan untuk ruang Konferensi.

 

3.        Manajemen Routing Kolaborasi.

Penyediaan perangkat pendukung untuk penghubung bagi jaringan ocal dengan Internet, wide area network dan jaringan telepon untuk perangkat kolaborasi.

 

4.        Sistem Distribusi Network.

Penyediaan perangkat yang digunakan untuk mengelola dan membagikan semua distribusi jaringan yang ada di kolaborasi Network.

 

5.        Jaringan dan Infrastruktur pendukung.

Penyediaan perangkat pendukung jaringan untuk menjamin dapat beroperasinya Sistem kolaborasi, meliputi pembangunan jaringan local sampai dengan penyediaan fasilitas yang menghubungkan BNN dengan BNP berupa leased line, dan jalur internet dedicated untuk dapat diakses oleh personel yang berada di luar kantor

 

6.        Call Center dan Webiste.

Call Center BNN adalah suatu sarana/alat komunikasi antara Badan Narkotika Nasional dengan masyarakat dalam hal penerimaan dan permintaan informasi mengenai Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Indonesia,  untuk itu BNN telah membangun Call Center dengan Nomor 184 dan SMS Center dengan Nomor 1784. Call dan SMS Center ini dibangun yaitu dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih cepat, efektif dan efisien kepada masyarakat dalam hal informasi mengenai P4GN di Indonesia. Namun Call dan SMS Center BNN tersebut belum terintegrasi dengan Call dan SMS Center BNN Provinsi.

Oleh karena itu BNN akan mengintegrasikan Call dan SMS Center tersebut sampai ke tingkat BNN Provinsi, dengan tahapan-tahapan kerja sebagai berikut : 

a.             Call Center berbasis routing skill, voice self service, computer telephony integration, dan manajemen kontak multichannel. Call center agent di BNN dapat menerima pengaduan dari masyarakat dari seluruh Indonesia memproses dan dapat meneruskannya untuk ditindak lanjuti oleh call center agent di BNNP.

b.             Sistem Call center ini sudah didukung dengan manajemen call center dan sistem untuk menganalisa performance call center beserta status pengaduan.

c.              Perangkat kolaborasi desktop dengan kemampuan all-in-one HD video and voice, dengan fitur komunikasi kolaborasi yang menggabungkan fungsi kolaborasi yang menggunakan koneksi internet, video kolaborasi, layar komputer dengan ukuran display 23”.  Diperuntukkan dipasang di meja pimpinan.

Selain Call dan SMS Center akan dibangun juga website Puslitdatin yaitu : www.puslitdatin.bnn.go.id. Tujuan dari website ini adalah dalam rangka memberikan informasi mengenai kegiatan yang dilakukan BNN maupun BNN Provinsi dan data-data seputar Narkoba serta kegiatan yang dilakukan Puslitdatin.  

 

7.        Manajemen  dan Analisa Kolaborasi

a.             Memiliki perangkat server yang memiliki Fitur provisioning yang merupakan proses otomatis untuk komunikasi gabungan dan telepresence dan fitur Assurance yang mengabungkan semua komunikasi suara dan video dalam satu lingkup.

b.             Memiliki fitur analisa yang terupdate dan dapat diadaptasikan.

c.              Mampu melakukan virtualisasi berbagai sistem operasi

8.        Implementasi, Instalasi dan Konfigurasi

·               Dilakukan oleh tenaga ahli S1 dan Sertifikasi Networking.

 

Kolaborasi dengan BNNP (34 Wilayah)

1.        Manajemen Kolaborasi Wilayah

·               Penyediaan perangkat pendukung sebagai penghubung bagi jaringan dengan Internet, wide area network untuk perangkat Kolaborasi.

2.        Perangkat Kolaborasi

a.             Perangkat Voice kolaborasi (perangkat berbasis internet protocol) ditempatkan pada meja staff. Dengan kemampuan terhubung ke sistem kolaborasi dan voice kolaborasi secara bersamaan.

b.             Kolaborasi suara dan video (desktop voice dan video) merupakan perangkat kolaborasi yang dilengkapi dengan HD video, dengan layar display dengan kemampuan fitur kolaborasi. Peruntukannya untuk level eksekutif, manager dan staff.

c.              Perangkat kolaborasi untuk ruang rapat dengan kemampuan conference yang melibatkan seluruh team baik BNP maupun yang ada di lapangan. Perangkat video kolaborasi ini merupakan solusi all-in-one untuk ukuran meeting room medium, dengan satu layar.

3.        Call Center BNNP

Saat ini BNN Provinsi telah membangun Call Center, namun belum terintegrasi dengan Call Center BNN, untuk itu BNN akan mengintegrasikan Call Center BNN Provinsi dengan Call Center BNN, yaitu diantaranya :

a.             Call dan SMS Center BNN dan BNNP tersebut akan terintegrasi dengan sistem kolaborasi BNN yang merupakan sarana utama untuk melayani pelaporan masyarakat di Provinsi.

b.             Perangkat Kolaborasi suara dan video (desktop voice dan video) merupakan perangkat kolaborasi yang dilengkapi dengan HD video, dengan layar display dengan kemampuan fitur kolaborasi. Peruntukannya untuk level eksekutif, manager dan staff.

4.        Jaringan dan infrastruktur Pendukung

·               Penyediaan perangkat pendukung jaringan untuk menjamin dapat beroperasinya Sistem kolaborasi, meliputi pembangunan jaringan lokal sampai dengan penyediaan fasilitas yang menghubungkan BNNP dengan BNN  berupa leased line.

5.        Konfigurasi dan Instalasi

·               Intalasi dan konfigurasi dilakukan ahli lulusan S1 dan memiliki sertifikat

Manfaat Video Conference dengan Sistem Kolaborasi

1.         Internal. 

a.             Penerima manfaat kegiatan ini adalah seluruh satuan kerja di lingkungan BNN yang membutuhkan informasi guna mendukung tugas pokok dan fungsi.

b.             Manfaatnya koordinasi dan meeting melalui Video Conference secara realtime atau langsung antara pusat dan daerah dalam penanganan P4GN. Melalui Video Conference pimpinan dapat memberikan informasi langsung ke setiap Deputi-deputi dan jajarannya.

c.              Manfaatnya koordinasi dan meeting melalui Video Conference secara realtime atau langsung antara BNN dan berbagai negara dalam rangka penanganan masalah Narkoba di negara masing-masing.

d.             Video Conference/meeting BNN dan 34 BNNP dapat dilakukan kapan dan dimana saja, bahkan ketika Para Kepala BNN ataupun BNNP sedang berada di lapangan.

e.             Mampu meneruskan laporan dari masyarakat melalui Call Center dan secara langsung disambungkan ke agen Lapangan dalam penanganan P4GN.

2.         Eksternal.

-           Penerima manfaat kegiatan ini adalah masyarakat karena dapat mengurangi peredaran gelap narkotika dan psikotropika dengan koordinasi langsung dari pusat.


  Ikuti Kami di Sosial Media

Kami berupaya untuk membuka kanal Sosial Media sebanyak mungkin agar selalu terhubung dengan Anda.

  Kontak Kami
  Alamat

Jl. MT. Haryono No. 11
Cawang, Jakarta Timur

Phone : 184
Mail : callcenter@bnn.go.id