KONTAK CENTER BNN  .    callcenter@bnn.go.id  .    184  .  SMS/Whatsapp   081-221-675-675  .  BBM   2BF297D7

Artikel

Time Line @INFO BNN

PEMBANGUNAN SISTEM KOMUNIKASI SATELITTE UNTUK INTEGRASI AUDIO, VIDEO DAN DATA DALAM OPERASI PENANGGULANGAN TERKAIT NARKOTIKA

Mari berbagi :    

Dalam hal untuk lebih memberikan gambaran yang comprehensive atas satu kegiatan Sistem Informasi Geografis BNN ini, maka informasi dalam bentuk Audio Video menjadi kelengkapan yang dibutuhkan dan akan bermanfaat pada setiap kegiatan dimana fungsi managemen kontrol, managemen pengawasan serta pengambilan keputusan didasarkan atas kelengkapan infomasi yang berasal dari database, Audio dan Video.

Berikut ini adalah gambaran atas Sistem komunikasi satellite untuk integrasi audio, video dan data  dalam operasi penanggulangan terkait narkotika 

Visualisasi melalui Video ini akan memberikan gambaran lengkap pada satu sistem Informasi khususnya terkait dengan  Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). 

Informasi ini di kumpulkan baik melalui system Video Surveillance spt CCTV, Tactical Mobile Video Portable dan Video Camera yang berasal dari aplikasi Smart Phone.

Efektifitas Pembangunan Sistem Komunikasi Satelit 

Efektifitas pembangunan sistem komunikasi satelit alam rangka mendukung program P4GN, adalah sebagai berikut :

1.         Dalam rangka menunjang pencapaian misi/tugas Pusdatin BNN khususnya mendukung program P4GN tersebut, diperlukan pembangunan dan pengembangan sarana prasarana sistem komunikasi dan informasi untuk menunjang kelancaran tugas operasional BNN, khususnya untuk mewujudkan Komando dalam kesatuan yang solid, sehingga terwujudnya pelayanan prima kepada seluruh unsur pengguna;

2.         Terkait dengan dukungan alat komunikasi untuk integrasi audio, video dan data pada operasi BNN dan komunikasi tactical berupa audio, video dan data di daerah yang terbatas dan kendala geografis yang tinggi, medan yang berat dan komunikasi yang terbatas,.maka dipandang perlu untuk mempertimbangkan dan mengadakan satu sistem komunikasi yang mumpuni dan tidak dibatasi oleh kendala wilayah geografis.

3.         Dalam membangun dan mengembangkan sarana prasarana sistem komunikasi dan informasi, dilaksanakan secara selektif prioritas, tepat guna, tepat sasaran dan secara bertahap sesuai ketersediaan alokasi anggaran. Untuk itu diperlukan Pembangunan Sistem Komunikasi Satelitte Untuk Integrasi Audio, Video Dan Data  Dalam Operasi Penanggulangan Terkait Narkotik didalam mendukung tugas operasional BNN khususnya didalam program P4GN.

4.         Penggunaan Sistem Komunikasi Satellite untuk Integrasi Audio, Video dan Data diharapkan dapat membantu kegiatan operasi – operasi yang membutuhkan koordinasi pelaksanaannya secara real time, pengaturan strategi perintah gerak sampai dengan pasca kegiatan operasi.

Manfaat Pembangunan Sistem Komunikasi Satelit

Beberapa manfaat dalam rangka pembangunan sistem komunikasi satelit adalah sebagai berikut :

1.          Tersedianya Audio, Video dan Data System Komunikasi berupa Integrasi Komunikasi Audio, Video dan Data melalui Jaringan Satelit yang dapat memberikan response cepat terhadap situasi Operasi Penanganan, penyalahgunaan dan peredaran psikotropika, prekursor dan bahan adiktif lainnya terutama untuk wilayah Indonesia

2.          Tersedianya sistem sarana pendukung yang dapat dipakai dalam penggunaan dan pemanfaatan komunikasi melalui jaringan satelit untuk wilayah dengan keterbatasan kondisi geografis.

3.          Kegiatan ini merupakan acuan penggelaran sistem Audio, Video dan Data melalui jaringan komunikasi satelit untuk mendukung tugas operasional di lingkungan BNN yang mengalami hambatan karena faktor geografi dan areanya masih blank spot, yang belum terdukung oleh jaringan komunikasi GSM yang terbatas pada area tertentu,  agar dapat berkoordinasi  secara cepat, tepat dan aman, yang harus dibangun secara segera, terencana dan berdayaguna yang mempunyai sifat measureable, acceptable, reliable dan timeable.

4.          Memiliki kemampuan teknologi untuk mewujudkan efektifitas dan efisiensi tugas pokok BNN yang diimplementasikan dengan penggelaran sistem Audio, Video dan Data melalui jaringan komunikasi satelit untuk mendukung tugas operasional di wilayah yang mengalami kesulitan karena faktor geografis (tempat pengejaran terduga, pelosok perbukitan, wilayah perairan/laut dan sebagainya). Dimana pun, kapanpun komunikasi audio, video dan data akan tetap terjalin tanpa terputus.

5.          Sarana teknologi mendukung kegiatan komando dan kendali  BNN dengan menggunakan teknologi satelit, mulai dari tingkat BNN, BNNP sampai tingkat BNNK, yang belum bisa di dukung alat komunikasi non satelit.

Sumber : Puslitdatin BNN


  Ikuti Kami di Sosial Media

Kami berupaya untuk membuka kanal Sosial Media sebanyak mungkin agar selalu terhubung dengan Anda.

  Kontak Kami
  Alamat

Jl. MT. Haryono No. 11
Cawang, Jakarta Timur

Phone : 184
Mail : callcenter@bnn.go.id