KONTAK CENTER BNN  .    callcenter@bnn.go.id  .    184  .  SMS/Whatsapp   081-221-675-675  .  BBM   2BF297D7

Artikel

Time Line @INFO BNN

PEMBANGUNAN SISTEM DISEMINASI MASSA MANDIRI

Mari berbagi :    

Diseminasi merupakan sinonim dari kata penyebaran. Jadi, pengertian diseminasi informasi adalah penyebaran informasi kepada publik atau masyarakat umum dari berbagai lapisan. Penyebaran informasi dapat dilakukan melalui berbagai jenis media seperti buku, majalah, surat kabar, film, televisi, radio, musik, game dan sebagainya. Diseminasi informasi dilakukan melalui berbagai jenis kegiatan seperti antara lain pelatihan atau workshop, seminar, konferensi, wawancara, penulisan artikel, publikasi, komunikasi, dll.

Informasi hasil diseminasi informasi dapat menjadi komoditi dan bermanfaat apabila informasi yang disajikan dapat diintegrasikan dengan pengetahuan dan kebutuhan masyarakat. Karena  itu dalam sistem desiminasi informasi perlu memperhatikan empat hal, yaitu universalisme, nasionalisme, kelembagaan sosial, dan falsafah individu, sehingga informasi yang disebarluaskan, diperhatikan dan mendapat tempat di tengah-tengah masyarakat.

SMS merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dalam teknologi seluler, dengan data perkiraan mencapai 3,5 miliar pengguna aktif, atau sekitar 80 % dari seluruh pelanggan seluler pada akhir tahun 2010. Karena sangat mudah dalam penggunaannya, SMS sangat umum digunakan dalam menunjang aktivitas sehari-hari pengguna telepon seluler di seluruh dunia. Implementasi SMS juga umumnya adalah sebagai sarana penyampai informasi, pemasaran, himbauan, propaganda dan dapat menjangkau segala lapisan komunitas dalam masyarakat secara langsung.

Efektifitas Pembangunan Sistem Diseminasi Massa Mandiri

SMS yang popular sebagai salah satu fitur termudah dan pasti diberikan oleh semua provider layanan seluler tentunya dapat dipertimbangkan sebagai salah satu komponen penting dalam metoda diseminasi yang efektif.

Perkembangan pengguna layanan seluler di Indonesia termasuk tinggi dengan pertumbuhan yang sangat cepat, dari berbagai sumber diperoleh bahwa sampai tahun 2014 terdapat 270 juta pengguna ponsel artinya 117 % dari jumlah penduduk di Indonesia.

Dengan mempertimbangkan betapa vitalnya fungsi seluler sebagai penunjang kehidupan masyarakat saat ini maka pendekatan diseminasi informasi modern dapat memanfaatkan teknologi informasi popular yang ada dan telah digunakan secara luas oleh masyarakat.

Berikut adalah berbagai pertimbangan dalam menentukan teknologi SMS sebagai media diseminasi informasi publik yang handal, efektif dan efisien, antara lain :

1.         Merupakan layanan sistem informasi yang secara umum (default) ada pada layanan seluler lintas operator/provider, dan jumlah pengguna telepon seluler memiliki populasi yang sangat tinggi di Indonesia;

2.         Mudah dan telah familiar digunakan oleh masyarakat luas sebagai salah satu cara berkomunikasi dalam kegiatan sehari-hari;

3.         memiliki jangkauan luas dan dapat menjangkau setiap lapisan masyarakat sebagai sasaran diseminasi;

4.         Efisien, simple dan mudah dipahami serta memungkinkan untuk disertai informasi kontak layanan dalam menerima masukan balik (feedback) dalam menjelaskan informasi yang lebih detail dan terperinci tentang suatu hal atau topik;

5.         Infrastruktur SMS dapat mengakomodir perkembangan teknologi dan penerapan seluler, dalam arti merupakan teknologi yang tetap digunakan dalam evolusi jaringan seluler termutakhir hingga saat ini;

6.         Efektif, artinya berbeda dengan media diseminasi lain, SMS dipastikan akan lansung berinteraksi dengan sasaran. Berbagai survey menyatakan jumlah SMS yang sampai dan dibaca oleh penerima adalah sebesar 98%.

Manfaat Pembangunan Sistem Diseminasi Massa Mandiri 

Implementasi Sistem diseminasi informasi tentunya akan sangat bermanfaat dalam penyampaian informasi publik, dengan melihat aspek serta fitur yang dimiliki diharapkan pelaksana kegiatan akan memperoleh hal-hal sebagai berikut, antara lain :

1.         Langsung, Cepat dan Tepat Sasaran. 

Hal ini terkait dengan penentuan tempat dan sasaran yang akan dijadikan lokasi pelaksanaan kegiatan hingga tidak akan menyimpang dari perencanaan dan tujuan diseminasi informasi.

2.         Independen.

Aspek yang penting, dan meningkatkan efisiensi dimana bahan keterangan dan informasi yang akan disebarkan dapat langsung diproses tanpa membutuhkan layanan pihak lain hingga dapat mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk peningkatan efisiensi dan efektifitas.

3.         Orientasi Praktis.

Sistem dirancang untuk dapat digunakan secara mudah dan diimplementasikan dengan mempertimbangkan berbagai aspek kemudahan namun tetap mengedepankan aspek administratif dan manajemen yang sangat berguna bagi pelaksana kegiatan diseminasi informasi.

4.         Info dan Database Populasi Pengguna Seluler.

Selain memiliki sasaran penyebaran informasi yang cepat dan tepat, salah satu output dari sistem adalah dapat diperuntukkan sebagai media untuk mengumpulkan informasi database pengguna seluler dalam suatu kawasan yang akan berguna sebagai bahan informasi yang representative.

5.         Multi fungsi dan Sesuai Analisa Kebutuhan.

Bersifat flexible, dan dapat ditempatkan dalam berbagai skenario, sistem ini dirancang untuk dapat menyesuaikan implementasi kegiatan diseminasi informasi sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan pelaksana dapat.

6.         Murah Biaya Operasional dan Perawatan.

Karena Sifatnya yang independen, tentunya dalam pelaksanaan kegiatan diseminasi informasi akan efisien, dimana baik dalam operasional dan perawatan sistem tidak membutuhkan layanan tambahan dari pihak lain.

7.         Unlimited dan All-time. 

Dengan implementasi sistem ini pada kegiatan diseminasi informasi maka pelaksana dapat melaksanakan kegiatan secara terpadu sepanjang waktu tanpa keterbatasan kuota dan waktu pelaksanaan yang terikat.

8.         Cross-provider Cellular User Availability.

Jangkauan sasaran yang luas dan dapat menyesuaikan dengan seluruh pengguna telepon seluler dari berbagai provider/operator yang berbeda.

Sumber : Puslitdatin BNN


  Ikuti Kami di Sosial Media

Kami berupaya untuk membuka kanal Sosial Media sebanyak mungkin agar selalu terhubung dengan Anda.

  Kontak Kami
  Alamat

Jl. MT. Haryono No. 11
Cawang, Jakarta Timur

Phone : 184
Mail : callcenter@bnn.go.id