CONTACT CENTER BNN  .    callcenter@bnn.go.id  .    184  .  SMS/Whatsapp   081-221-675-675  .  BBM   2BF297D7

Page

Time Line @INFO BNN

Tentang Informasi Publik

Mari berbagi :    

Undang – Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, merupakan implementasi dari Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28-F dimana pada pasal tersebut  menyebutkan bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi, mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki dan menyimpan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang berbeda, untuk memberikan jaminan terhadap orang dalam memperoleh informasi.

 

Keberadaan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan (1) hak setiap orang untuk memperoleh informasi publik; (2) kewajiban badan publik dalam menyediakan dan melayani permohonan informasi publik secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional, dan cara sederhana.

 

Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi ini bertujuan untuk (1) memberikan standar bagi badan publik dalam melaksanakan pelayanan informasi publik; (2) meningkatkan pelayanan informasi publik di lingkungan badan publik untuk menghasilkan layanan informasi publik yang berkualitas; (3) menjamin pemenuhan hak warga negara untuk memperoleh akses informasi publik; dan (4) menjamin terwujudnya tujuan penyelenggaraan keterbukaan informasi sebagaimana diatur dalam UU No. 14 Tahun 2008.

 

Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia sebagai salah satu lembaga pemerintah yang akan  melaksanakan ketentuan undang-undang tersebut, telah siap dalam memberikan pelayanan informasi publik melalui System Komunikasi Informasi dan Teknologi (IT) serta sarana pendukung lainnya. Sehingga proses pengelolaan maupun pelayanan informasi dapat dilaksanakan dengan baik sesuai ketentuan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008.

 

Dengan membuka akses publik terhadap informasi diharapkan badan publik  termasuk Badan Narkotika Nasional termotivasi untuk bertanggung jawab dan berorientasi pada pelayanan rakyat yang sebaik-baiknya. Dengan demikian, hal itu dapat mempercepat perwujudan pemerintahan yang terbuka yang merupakan upaya strategis mencegah praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), dan terciptanya kepemerintahan yang baik (good governance).


  Ikuti Kami di Sosial Media

Kami berupaya untuk membuka kanal Sosial Media sebanyak mungkin agar selalu terhubung dengan Anda.

  Kontak Kami
  Alamat

Jl. MT. Haryono No. 11
Cawang, Jakarta Timur

Phone : (021) - 80871566 / 80871567
Mail : callcenter@bnn.go.id