CONTACT CENTER BNN  .    callcenter@bnn.go.id  .    184  .  SMS/Whatsapp   081-221-675-675  .  BBM   2BF297D7

Press Release

Time Line @INFO BNN

MANFAATKAN MOMENT MUDIK, SELUNDUPKAN SABU 10 KILO

Mari berbagi :    

Bekerjasama Dengan Bea dan Cukai, Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil mengungkap upaya penyelundupan sabu yang dikirim dari Medan menuju Jakarta di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara Jumat (1/6). Sindikat ini memanfaatkan moment mudik lebaran dengan menyelundupkan 10 kg sabu melalui jalur laut.

Dari pengungkapan kasus tersebut, BNN berhasil mengamankan empat orang tersangka berinisial AL (36), AB (46), MU (41) dan KS (36). Keempat tersangka ini berperan sebagai kurir, sementara otak dari penyelundupan sabu dilakoni oleh seorang pria yang kini masih buron.

Kasus ini berawal dari pantauan petugas terhadap AL yang terbukti membawa sabu dari Medan menuju Palembang. Kepada Petugas AL mengaku barang tersebut didapatnya dari seorang pria berinisial LB (DPO) di Kota Medan.

Dari Palembang, AL melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal kayu menuju Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara. Setibanya di Dermaga, AL membawa barang selundupannya keluar untuk diserahkan kepada AB, MU dan KS.

Keempatnya diamankan Tim BNN saat bertemu di pintu gerbang pelabuhan Muara Baru. Dari tangan para tersangka BNN berhasil engamankan box speaker berisi 18 (delapan belas) bungkus teh cina yang didalamnya terdapat Narkotika Golongan I jenis Shabu Kristal dengan berat brutto 9.976 Gram.

Dari pengungkapan kasus tersebut, setidaknya 50 ribu anak bangsa telah terselamatkan dari penyalahgunaan narkotika.

Atas perbuatannya, seluruh tersangka terancam pasal Pasal 114 Ayat (2), Pasal 112 Ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan hukuman maksimal pidana mati atau penjara seumur hidup. Kemudian seluruh tersangka dan barang bukti diamankan petugas ke BNN Cawang untuk penyidikan lebih lanjut.

Humas BNN


  Ikuti Kami di Sosial Media

Kami berupaya untuk membuka kanal Sosial Media sebanyak mungkin agar selalu terhubung dengan Anda.

  Kontak Kami
  Alamat

Jl. MT. Haryono No. 11
Cawang, Jakarta Timur

Phone : (021) - 80871566 / 80871567
Mail : callcenter@bnn.go.id